mifka weblog

1 November 2007

Aplikasi Pemrograman MapINFO

Filed under: Ω Jendela Buku — by Badru Tamam Mifka @ 10:04 pm
Tags: , , ,

Pengembangan Aplikasi SIG dengan Menggunakan Borland Delphi, Ms. Visual Basic & MapBasic

Sebagaimana perangkat lunak Sistem Informasi Geografis modern, MapInfo telah dilengkapi dengan sebuah programming tool yang memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan customizing terhadap program aplikasi yang dikembangkannya. Dengan programming tool ini pula, kemampuan dan fungsionalis MapInfo professional dapat lebih jauh ditingkatkan atau bahkan diperluas hingga lebih baik dari paket (modul) standarnya. Selain itu, segala fungsionalitas yang terdapat di dalam MapInfo professional dapat dikendalikan dan diotomatiskan oleh baris-baris kode program yang dibuat dengan menggunakan tool ini. Map Basic, demikian tool ini disebut.

Satu hal yang sangat dikuasai oleh setiap pengguna (GIS Programmer) MapInfo selain dari kemudahan pemakaiannya, kehandalannya, relatif murah harganya, kelengkapan fungsioanlitas analisis spasialnya, user-friendly, kelengkapan kandungan informasi (eksplisit) geodetic-related pada data spasialnya (table), dapat diprogram dengan protocol DDE, dan banyak digunakan di bidang yang terkait per-telekomunikasian adalah kemampuannya dalam bertindak sebagai server OLE automation. Hingga saat ini, adalah sangat sedikit perangkat lunak yang dilengkapi dengan kemampuan ini.

Salah satu konsekuensi dari kemampuannya sebagai server OLE automation ini, MapInfo dapat diaktifkan secara backround (lingkungan pengembangannya sama sekali tidak muncul) oleh program aplikasi yang dibuat oleh pengguna—program aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman computer (misalnya Ms. Visual Basic, Borland Delphi, dll.) dan bertindak sebagai client MapInfo. Setelah itu, pengguna dapat me-reparenting windows milik MapInfo sedemikian rupa sehingga tampilan-tampilan yang terdapat di dalamnya dapat dimunculkan di dalam forms, picture box, dan atau panel milik aplikasi pengguna. Pengguna dapat mengendalikan (display, query, analysis, dll.) MapInfo secara penuh, dan menampilkan hasil-hasilnya di dalam program aplikasi.

Sehubungan dengan hal itu, maka buku ini mengajak pada setiap pembacanya—melalui tulisan yang bercorak how to – untuk memahami pengembangan aplikasi system informasi geografis melalui materi-materi seputar: (1) pemograman MapBasic: tampilan, peta tematik &legenda, table atribut & query, grafik, manipulasi tampilan citra dijital & hotlink, grid 3D & peta prisma, pembuatan layout, redistricting, analisis spasial, pembuatan user-interface, penggunaan fungsi-fungsi eksternal; (2)berkomunikasi dengan aplikasi lain melalui protocol DDE; (3) pembuatan aplikasi integrated mapping dengan menggunakan Ms. Visual Basic dan Borland Delphi.

Aplikasi Pemrograman MapINFO

Pengembangan Aplikasi SIG dengan Menggunakan Borland Delphi, Ms. Visual Basic & MapBasic

Penyusun: Eddy Prahasta

Penerbit: Informatika Bandung

Cetakan pertama, Agustus 2005

Tebal 702 Halaman

2 Komentar »

  1. You rise me up

    Komentar oleh La Ode Amri — 27 November 2008 @ 4:52 am |Balas

  2. mazz beli bukunya dimana ya?tak cari di gramedia.com kok gak ada…

    Komentar oleh zon — 13 Februari 2010 @ 9:30 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: