mifka weblog

2 Februari 2008

Rasa Lapar

Filed under: Ω Catatan Harian — by Badru Tamam Mifka @ 11:32 am
Tags: ,

Rasa lapar tak selamanya hingar. Sebab itu, ia jarang didengar orang-orang kenyang yang diam di balik tembok rumahnya yang kokoh. Mereka yang disibukkan dengan hiburan dan pekerjaan yang banyak menghasilkan uang, tak begitu kenal dengan rasa lapar. Mereka tak pernah melihat kelaparan dengan mata kepala sendiri. Mereka, orang-orang kenyang pesta itu, hanya pernah melihat drama kelaparan di cerita fiksi sinetron yang tak menggugah.

Karena kita manusia, maka kita bersaudara dan mesti membantu meringankan sesama. Tapi kebanyakan orang kaya di negeri ini, tak mau tahu hal soal kelaparan orang lain. Urat nadi kemanusiaan mereka sudah putus. Mereka, orang-orang kaya itu, malah lebih senang menghabiskan uang di bioskop-bioskop, di mall, di hotel kelas atas, dan di meja makan keluarga yang dipenuhi banyak makanan mahal.

Atau mereka sempat melihat rakyat miskin dan kelaparan di berita-berita televisi saat makan malam. Demikian santai. Tapi ketika luka kemiskinan dan kelaparan itu memperlihatkan borok kaki yang berlalat, busung lapar, air liur mulut si miskin yang menahan lapar, mereka pun mual dan jijik. Segera mereka hentikan santap malamnya dan berkata: “Menjijikan! Sungguh menjijikan! Selera makan saya hilang!”

Mereka tak sudi menghabiskan makanannya karena tayangan televisi yang mereka anggap menjijikan. Lalu mereka buang sisa-sisa makanan lezatnya ke tong sampah. Padahal, orang-orang yang sangat lapar itu, bisa makan apa saja, termasuk makanan si kaya yang dibuang di tong sampah itu. Mereka, orang-orang kaya dan kenyang itu, bisa tak peduli telah menghabiskan banyak uang untuk membeli sesuatu yang tak terlalu penting dan tak lama kemudian mereka buang. Mereka tak disibukkan oleh rasa khawatir…Mereka tak pernah belajar pada rasa sakit ketika perut mereka berlebihan menampung makanan…

Jatinangor, 2 Februari 2008

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: