mifka weblog

14 Juli 2008

Jika Masa Lalu Seperti Pakaian

Filed under: Ω Catatan Harian — by Badru Tamam Mifka @ 8:40 am
Tags:

Jika kita bisa dengan mudah kembali ke masa lalu, dan mengoreksinya, tentu tak ada kata yang bernama penyesalan. Jika kita bisa dengan mudah bermain ke masa yang belum terjadi, tentu tak ada kata yang bernama harapan. Jika tak ada harapan dan penyesalan, tak ada gunanya masa lalu dan masa yang akan datang. Kita mempunyai masa lalu dan masa depan, itu sebabnya diantara kita ada yang begitu kaya dengan dendam.

Aku belum bisa menikmati indahnya berjalan menuju masa depan, karena belum sepenuhnya bebas dari masa lalu. Masa lalu sudah menjadi kenyataan, sudah menjadi harga mati. Aku tengah dihukum masa lalu atas segala kesalahan dan kelalaianku, itu membuatku kesulitan melepaskan diri dari belenggu dan penjara nasib serta perasaan. Masa lalu dan masa depan seolah-olah bertukar tempat, dan aku memiliki ketakutan yang sangat besar dari keduanya.

Jika masa lalu seperti pakaian, yang bisa aku pakai dan buang, tentu tak akan merepotkan begini. Sayang sekali, ia demikian lekat padaku, melebihi namaku sendiri. Ia demikian rapat denganku….

Masa lalu juga seperti tumpukkan tugas sehari-hari. Jika aku malas membereskannya, ia akan jadi sebukit bebanku hari ini. Selamat jalan semuanya, di sini urusanku belum selesai. Tapi, ah, masa lalu dan masa depan itu tak ada gunanya tanpa kekuatan hari ini…

Juli 2008

1 Komentar »

  1. Sungguh aku terkesan, tulisan ini mengingatkan aku pada masa lalu dimana hitam dan putih selalu memberi warna hari-hari yang terlewat masihkah tetap hitam… putih atau justru abu-abu.

    Komentar oleh Willy Subroto — 12 Desember 2008 @ 2:33 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

