mifka weblog

25 Agustus 2008

Stickman 5

Filed under: Zero — by Badru Tamam Mifka @ 8:37 am
Tags: , , , ,

Kawan saya pernah melihat animasi kartun bayi yang asyik menari diiringi musik dangdut. Awalnya dia menyangka animasi itu dikerjakan dengan program yang rumit, mengolah gambar dulu satu-persatu dan sebagainya dan sebagainya. Tapi akhirnya dia tahu bahwa animasi itu dikerjakan dengan program Stickman 5 dari Cutout Pro. Program dengan visualisasi gambar dan figure yang jauh lebih maju dan berwarna dibanding program sederhana seperti Pivot.

Dengan program ini, kita disediakan banyak figure dan karakter orang seperti bayi, orang tua, hingga hewan seperti kuda, ayam dan lainnya. Tak hanya itu, ada juga backround keren seperti pemandangan, hutan dan banyak lagi yang lainnya. Dengan gambar dan backround yang telah tersedia itu, kita bisa membuat animasi kartun dengan mudah dan lebih fleksibel. Tiap sudut tubuh objek figure sudah diberi point-point untuk memudahkan kita membuat figure orang berjalan, menggelengkan kepala, membuka mulut hingga menendang. Yang lebih asyik, kita bisa menambahkan musik atau rekaman suara sebagai pengiring animasi.

Sedikit panduan, install Stickman 5 terlebih dulu, dan buka. Cari import di menu File. Pilih Package figure. Di sana ada banyak gambar dan figure orang untuk bahan proyek animasi kita. Pilih yang cocok dan OK. Di bagian kiri proyek, ada banyak tool mulai dari posisi kamera hingga pengaturan volume. Kita bisa mengatur fose tubuh figure dengan control points. Dengan mengklik frame-demi-frame, kita bisa mengatur gerakan objek sesuai keinginan kita.

Untuk memasukkan musik, kita bisa memilih sound. Program ini support ekstensi .wav. Pilih Add. Kalau file musik sudah masuk ke daftar, kita pilih dulu filenya lalu tekan menu Timeline dan pilih Add key agar file musik bisa masuk ke bagian frame yang telah kita tentukan. Hasil proyek kita bisa di save dalam format AVI dan SWF. Kita pilih Export di menu File, pilih Easy Rendering atau Advance Rendering yang juga bisa menyimpan hasil animasi kita ke dalam format Flash HTML Code.

Kalau kamu mau coba program keren ini, Download disini.

3 Komentar »

  1. […] Stickman 5 […]

    Ping balik oleh Download Software « Mifka Weblog — 6 April 2009 @ 4:57 pm |Balas

  2. kk, ku mo nanya nih cara nyimpen filenya jadi gambar animasi gimana sih?

    Komentar oleh elven tjerdas — 30 April 2009 @ 6:44 am |Balas

  3. :(

    Komentar oleh dafadg — 9 Oktober 2009 @ 2:41 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: