Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

(Sapardi Djoko Damono)

Puisi-puisi Sapardi Djoko Damono memang romantis, memang nikmat. Puisi-puisi Sapardi memang unik dan menarik, sarat makna, bahasanya sederhana. Ya, membacanya saja sudah bikin saya gelisah. Apalagi jika puisi-puisi itu dinyanyikan dengan irama yang lembut, wah bisa deg-degan euy! Puisi-puisi itu, ketika dinyanyiakan, jadi tambah hidup. Saya dengar lembutnya Gitaris Jubing Kristianto mengiringi nyanyian mesra Reda Gaudiamo, dan Ari Malibu saat melantunkan puisi cinta-nya Sapardi. Saya jadi merasa sedang jatuh cinta pada apapun.

Kasak-kusuk lah saya cari musikalisasi puisi-puisi Sapardi di Internet. Alhamdulillah ketemu. Kalau ada yang mau, download link punya saya neh!

Download:

1. Aku Ingin

2. Hutan

3. Metamorfosis

4. Di Restoran

5. Ketika Kau Tak Ada

6. Hujan Bulan Juni

7. Akulah si Telaga

8. Pada Suatu Pagi

9. Dalam Sakit

10. Dalam Diriku

11.Kartu Pos Bergambar Jembatan Golden Gate San Fransisco

12. Jarak

13. Kuhentikan Hujan

14. Ketika Jari-jarinya Terluka

15. Ketika Kau

16. Pada Suatu Hari Nanti

17. Nokturno

18. Hujan dalam Komposisi 1

19. Hujan, Jalak dan Daun Jambu

20. Sehabis Hujan

Link Alternatif:

  1. Aku Ingin (I wish)
  2. Dalam Diriku (In Myself)
  3. Kartu Pos Bergambar Jembatan (Pictorial postcard of bridge)
  4. Jarak (Distance)
  5. Kuhentikan Hujan (I discontinued the rain)
  6. Ketika Jari-jarinya Terluka (When their fingers injured)
  7. Ketika Kau (When you are)
  8. Pada Suatu Hari Nanti (At the one particular day)
  9. Nokturno (Nocturno)
  10. Hutan (Forest)
  11. Metamorfosis (Metamorphosis)
  12. Di restoran (In the restaurant)
  13. Ketika Kau Tak Ada (When You are nothing)
  14. Hujan Bulan Juni (June rain)
  15. Akulah si telaga (I am the lake)
  16. Pada Suatu Pagi (At the one particular morning)
  17. Dalam Sakit (In pain)
  18. Hujan Dalam Komposisi (Rain in composition)
  19. Hujan, Jalak dan Daun jambu (Rain, starling, and leaf of fruit)
  20. Sehabis Hujan (Used up rain)
  21. Bagaimana Mungkin Kau Berkata (How can you say)
  22. Karena Kata (Because of word)
  23. Kepada Istriku (To my wife)

More: download album Gadis Kecil>>

