mifka weblog

23 September 2009

Menulis, Gak Hanya Niat!

Filed under: Ω Menulis Kesusastraan — by Badru Tamam Mifka @ 9:38 pm
Tags: ,

Bagi sebagian orang, menulis itu mudah. Bagi sebagian yang lain, menulis itu susah. Artinya, kalo bagi sebagian orang bisa mudah, tentunya bagi semua orang juga menulis itu bisa mudah. Sebab, kemampuan menulis gak dianugrahkan Tuhan pada orang-orang tertentu—seperti halnya Tuhan memilih orang-orang tertentu untuk menjadi Nabi dan Rasul. Orang yang lahir dari keluarga penulis memang semestinya bisa menulis, tapi bukan berarti orang yang gak lahir dari keluarga penulis adalah orang yang gak bisa/ susah menulis. Kemampuan menulis adalah milik semua orang, selama ia punya keinginan yang kuat, keberanian dan kerja keras untuk terus berlatih menulis. Banyak penulis besar di negeri ini, ataupun di luar negeri, gak lahir dari keluarga penulis. Tapi mereka pandai menulis, tentu saja itu karena mereka punya kerja keras, pantang menyerah, untuk bisa menulis.

Niat dan keinginan yang gede untuk menulis belumlah cukup untuk menghasilkan karya tulisan. Jangan takut, mulailah menulis apapun yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan, tentang apapun, menulis sebebas-bebasnya, setiap hari. Kebiasaan menulis berpengaruh besar pada perkembangan kualitas tulisan lho; gak percaya? Coba aja. Dalam proses membiasakan menulis itu, kita akan menemukan cara yang mudah untuk memulai dan mengembangkan tulisan, termasuk menemukan kiat dan teori penulisan. Coba deh mulai meluangkan waktu beberapa jam untuk menulis. Pilih suasana yang cocok bagi kamu untuk menulis, dan fokus. Persiapkan media apapun yang kamu anggap bisa mempermudah menulis. Bebaskan imajinasi kamu, dan tulislah kalimat pertama sebebas-bebasnya, seperti halnya kamu mempersiapkan imajinasi dan pikiran untuk bicara atau curhat pada temanmu tentang apapun, dengan kosa kata yang banyak, bebas dan lancar. Setelah cukup, barulah kamu mulai mengedit dan membaca ulang, apakah pemilihan katanya sudah tepat, dsb. Mudah kan?

Tentu saja, satu hal yang sangat penting untuk melancarkan proses menulis, yaitu banyak-banyaklah membaca, tentang apa aja. Kebiasaan membaca akan membuat kamu lebih mudah untuk menulis. Kamu bisa juga menulis tentang pikiran atau pendapat yang muncul setelah kamu membaca, seperti halnya kamu memceritakan ulang pada teman kamu tentang kejadian yang kamu saksikan beberapa jam yang lalu. So, mulailah menulis tentang pengalaman, pikiran dan pendapat kamu tentang banyak hal; jangan banyak-banyak dulu, dua paragraf setiap hari dalam diary atau laptop kamu, akan menyelamatkan kamu dari kesulitan menulis. Selamat mencoba, rasakanlah kebahagiaan menghasilkan tulisan dari pikiran dan imajinasi kamu setiap hari, gudlak! :)

Salam,

Badru Tamam Mifka [www.manuskripkesunyian.wordpress.com]

1 Komentar »

  1. Saya sedang mempraktekkan apa yang Anda tulis di atas. Saya, kini, berusaha untuk menulis apa saja setiap hari, setiap saat,setiap ingat, dan seluruh setiap. Saya tak pernah berpikir, apakah tulisan saya bagus tau tidak. Yang penting buat saya. terus menulis, dan menulis terus!

    Komentar oleh Cecep Hasanuddin — 22 November 2009 @ 8:52 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: