mifka weblog

9 Maret 2010

Menulis Skripsi, Sulitkah?

Filed under: Ω Menulis Skripsi — by Badru Tamam Mifka @ 7:40 pm
Tags:

Tak sedikit mahasiswa mengeluh bahwa menulis skripsi itu sulit dan menakutkan. Bikin stress. Barangkali karena skripsi, yang biasanya merupakan pintu gerbang terakhir menjadi sarjana, harus dilaksanan secara mandiri oleh tiap mahasiswa, mulai dari proposal, pencarian ide atau topik, penelitian, hingga ujian pendadarannya. Kalau sebelumnya, banyak mahasiswa terbiasa membuat makalah secara berkelompok, hingga bisa saja membebankan pada ketua kelompok. Tapi untuk skripsi, tidak!  Skripsi memang akan menjadi masalah serius, jika mahasiswa yang bersangkutan tidak terbiasa menulis, terutama karya ilmiah.

Sebaliknya, menyusun skripsi akan lebih mudah, jika mahasiswa terbiasa menulis dan mengerjakan tugas dengan mandiri atau melakukan kegiatan penelitian. Kebiasaan selama kuliah untuk mandiri mengerjakan tugas rumah dan ujian tanpa bantuan teman-teman akan memabantu meningkatkan kemampuan intelektual. Itulah yang disebut kemampuan akademik. Karena, selain niat dan motivasi, kemampuan akademik menjadi faktor internal yang  penting untuk menyelesaikan skripsi.

Nah, sekedar gambaran, untuk mulai menulis skripsi, seorang mahasiswa setidaknya harus memilih jenis skripsi yang akan di garapnya. Ia bisa menentukan apakah ia akan fokus pada penulisan Skripsi Penelitian, Skripsi Literatur, Studi Kasus, atau yang lainnya. Pilih yang sekiranya lebih mudah dikerjakan. Untuk hal ini seorang mahasiswa bisa juga berkonsultasi pada teman atau dosen yang sudah dekat.

Sekedar tips, jika seorang mahasiswa mengambil program sarjana 4 tahun, maka idealnya ketika memasuki semester 7-an, ia harus sudah memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan dikerjakan.  Tentu saja, memilih topik yang menarik minat atau yang dikuasai akan menjadi motivasi tersendiri dalam proses penyelesaian skripsi.

Untuk proses menentukan topik, seorang mahasiswa bisa juga meminta saran dan bimbingan dari dosen atau teman-teman. Jika sudah dapat topik yang relatif terkuasai, bacalah kumpulan skripsi yang berkaitan dengan topik terpilih, lalu pelajari susunannya. Untuk format penyusunannya, biasanya ada buku penuntun penulisan skripsi yang diterbitkan oleh fakultas. Untuk hal ini, seorang mahasiswa bisa juga berdiskusi dengan dosen atau teman yang menguasai topiknya.

Nah, skripsi memang tak sesulit yang pernah terbayangkan jika niat dan motivasi kita kuat. Tentu saja, diperlukan juga kerja keras yang maksimal. Belajar dan terus belajar. Bersabar dan terus maju mengatasi hambatan demi hambatan akan berbuahkan hasil yang gemilang. Jangan takut menulis skripsi! Selamat berjuang, kawan-kawan mahasiswa! Ayo garap skripsi! Jangan sampai terlantar! Bagi mahasiswa yang susah lulus, kobarkan motivasimu,  kerjakan skripsimu! Jangan sampai DO! Rakyat mendukungmu!

:D

4 Komentar »

  1. Begitulah kita.. ketika belum melewatinya terasa sulit….dulu skripsi momok yg sangat menakutkan apalagi meja hijau.. hikss hikss gemetaran.. Tapi setelah melewatinya ehmmm terasa biasa saja…
    Itu wajar…

    sekarang yg aku merasakan susahnya membuat thesis…hampir 2 tahun dan susahnya untuk menyusun sebuah proposal untuk diajukan ke profesor…Tapi InsyaAllah kalo ini siap..Aku yakin perasaan susah itu akan hilang…. ^_^

    Optimis itu harus… Sukses buat yang sedang skripsi..Mohon doanya semoga thesis ku juga berhasil…Aminnnnnn

    Komentar oleh delia4ever — 9 Maret 2010 @ 7:57 pm |Balas

  2. ya lumayan ka untu referensi buat tugas

    terimakasih cukup menarik juga dijadikan topik pembicaraan

    Komentar oleh insanfm — 10 Maret 2010 @ 8:57 am |Balas

  3. Nuhun pisan motivasina Kang… Nyuhunkeun piduana ka sadayana weh ngarah ieu Tugas Akhir/Skripsi tereh beres…

    Komentar oleh Deri Urang Lembur — 11 Maret 2010 @ 5:08 pm |Balas

  4. anda tau badru? skripsi apa yang paling baik?

    yaitu, skripsi yang SELESAI alias DONE

    Komentar oleh englishcounselor — 15 Maret 2010 @ 5:43 pm |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: