mifka weblog

22 April 2010

Penjara Pikiran Dibs – Virginia M. Axline

Filed under: Ω Jendela Buku — by Badru Tamam Mifka @ 3:17 pm
Tags: , ,

“Dibs…dia sangat memusingkan. Suami saya dan saya sangat bahagia sebelum Dibs lahir. Dan saat ia lahir, semua menjadi sangat berbeda. Benda yang begitu besar dan tak berbentuk! Sama sekali tak member tanggapan. Bahkan, sejak lahir dia sudah menolak saya. Dia akan mengejang dan menangis setiap kali digendong!” begitulah keluhan ibu Dibs ketika berkonsultasi dengan seorang ahli terapi. Dia tak sanggup lagi menahan beban emosionalnya dan memutuskan meminta bantuannya untuk menangani anaknya, Dibs. Ada apa dengan bocah lelaki ini? Tingkah laku Dibs sangat tidak lazim. Suatu saat, dia menujukkan perilaku seperti anak erbelakang mental. Pada saat lain, dia dengan cepat dan tenang mengerjakan sesuatu yang mengindikasikan bahwa dia anak yang sanga cerdas.

Tingkah laku ini ternyata juga tidak tak lepas dari kondisi di rumah Dibs: orang tuanya tak menginginkannya, sekaligus luput mengenali potensi kecerdasan Dibs yang di atas rata-rata. Atmosfer di rumahnya juga begitu dingin tanpa cinta kasih. Bagaimana Dibs mampu terbebas dari “penjara” ini?

Buku ini ditulis langsung oleh mantan ahli terapi yang menangani Dibs, dan dengan gamblang menunjukkan bagaimana menangani anak-anak dengan kasus semacam Dibs. Inilah buku klasik terapi anak yang memaparkan perkembangan Dibs dari waktu ke waktu.

“Buku ini menyadarkan kita semua bahwa dengan kekuatan cinta seorang anak dapat menemukan poensinya yang menakjubkan.” –Kak Seto, Komnas Perlindungan Anak

“Kesabaran, ketekunan, dan komitmen seorang professional mampu mengubah perilaku seorang anak bermasalah. Patut dicontoh oleh para orangtua.” –Prof. Dr. Sarlito W. Sarwono, Psikolog

“Kisah yang sangat menyentuh! Siapapun yang membaca akan sadar betapa besarnya pengaruh kasih saying yang tulus pada perkembangan seorang anak. Inspiratif, terutama bagi para praktisi, orangtua atau keluarga dari penderita autis tentang bagaimana menangani kasus-kasus serupa.“ –Dyah Puspita, Psikolog dan ibu seorang remaja penderita autis.

Penjara Pikiran Dibs
Kisah Nyata Keberhasilan Terapi Bermain pada Anak Dengan Gangguan Perkembangan Mental
Diterjemahkan dari Dibs in Search of Self
Karya Virginia M. Axline
Penerjemah: Anastasia Rima Hendrarini
Penerbit: Qanita
Cetakan I, Maret 2010
Tebal: 308 hlm.; 20,5 cm

1 Komentar »

  1. Remarkable! Its actually remarkable paragraph, I have got much clear idea
    regarding from this post.

    Komentar oleh better life — 2 Oktober 2014 @ 7:49 pm |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: