mifka weblog

24 Juli 2011

Download Aplikasi Kamus Sunda

Filed under: Zero — by Badru Tamam Mifka @ 3:06 am
Tags: ,

Sudah lama gak posting di blog ini, dikarenakan sempat kesulitan login di wordpress dan juga sempat error publish. Ya udah, saya tinggalkan saja. Saking sudah tak bergairahnya ngeblog, sempat saya menyuruh seorang kawan atau siapa saja silakan mengambil alih wewenang admin  :D Cukup lama gak menulis membuat pintu-pintu gagasan saya tertutup. Sumpek hirup teh. Selagi lemas gogoleran, iseng-iseng bikin aplikasi Kamus Sunda. Saya gak tahu aplikasi ini bekerja atau tidak :D Hanya uji coba, lagian databasenya belum diisi. Sebenernya ini aplikasi yang  tidak selesai. Ini sekedar contoh aplikasi Kamus Sunda yang sederhana, seharusnya diisi lebih banyak kosa kata terjemahan Sunda – Indonesia – Sunda dan Kamus Sunda – Sunda. Bagi yang punya ide, silakan download contohnya. Kamus ini ada fasilitas update databasenya, siapapun bisa mengisinya. Jika link unduh dan aplikasi ini error, silakan beri kritik, dan masukan di kotak komentar. Jika gak bisa diinstall di komputer baraya, itu artinya aplikasi kamus ini hanya milik saya, koleksi saya pribadi hehe…

(more…)

23 Februari 2011

Al-Mufashshal MP3: Menghapal Surat-Surat Pendek (القرآن)

Al-Qur’an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama surah (surat). Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang dengan 286 ayat adalah surat Al Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An-Nasr dan Al-‘Asr. Al-Mufashshal adalah surat-surat yang lebih pendek. Disebut dengan mufashshal karena banyak fashal (pemisah) di antara surat-surat tersebut dengan basmalah (al-Zarqani, 1988 : I, 352). Al-Mufashshal,semua surat mulai dari surat Qaaf sampai akhir An-Naas. Hal ini menurut pendapat yang kuat. Ia terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu mufashshal panjang (dari Qaaf sampai akhir Mursalat), mufashshal pertengahan (dari An-Naba’ sampai akhir Al-Lail), mufashshal pendek (dari Adh-Dhuha sampai akhir An-Naas).  (more…)

23 Januari 2011

Asyiknya Baca Koran versi Digital (e-paper)

Filed under: Zero — by Badru Tamam Mifka @ 7:57 am
Tags: ,

Bagi saya, membaca koran secara online versi digital memang cukup menyenangkan. Sejak Kompas dan Pikiran Rakyat menampilkan content halaman-halamannya secara online dalam format digital, saya jadi tak punya lagi pengalaman agak menjengkelkan karena harus kehabisan stok surat kabar di pedagang koran, ketinggalan berita aktual atau hilangnya halaman-halaman tertentu oleh ulah tangan-tangan manusia yang punya hobi aneh menyulap lembaran koran menjadi sajadah dan bungkus makanan surabi. Munculnya beberapa situs e-paper yang tampil mirip dengan aslinya juga membantu saya bisa menghindari bertumpuknya koran di kamar sempit saya, agar tak lagi “merampok” wilayah tempat tidur saya. Hm, bingung juga kan jika sudah menumpuk, apalagi jika dalam keadaan berdebu, rusak, noda tumpahan kopi, sisa sampah guntingan kliping koran dan sebagainya dan sebagainya. (more…)

21 Januari 2011

Cara Mudah Membuka File PDF yang di Password/ di Proteksi

Filed under: Zero — by Badru Tamam Mifka @ 7:39 am
Tags: , , ,

Ketika kita mengunduh semacam artikel dalam format file PDF di internet, terkadang file yang kita unduh diproteksi password sehingga kita tak bisa membacanya; atau dikunci yang membuat kita tak bisa melakukan copy dan print terhadap isi filenya. Tentu saja hal itu sedikit membuat kita jengkel merengkel. Barangkali ada diantara kita–saking jengkelnya–segera menghapus file tersebut dari komputer, dan kembali mengunduh file lain yang dianggap gak bikin ribet “bersahabat”. Hal itu memang tak perlu terjadi jika kita tahu bahwa ada banyak software kecil yang bisa membantu kesulitan kita menghadapi masalah seperti itu. Dari banyak software “penyelamat” itu diantaranya adalah PDF Unlocker dan/ atau PDF Password Remover. Bagi yang merasa bermasalah dengan masalah ini, bagi yang belum tahu dan bagi yang belum punya, mangga download softwarenya :) (more…)

20 Januari 2011

Kumpulan Tips dan Rahasia Pencarian Efektif di Google

Filed under: Zero — by Badru Tamam Mifka @ 9:06 am
Tags: , , ,

Google adalah mesin pencari terbesar di belantara maya. Ribuan orang setiap harinya  menggali berjuta kata, istilah dan pelbagai pengetahuan tentang banyak topik di dalamnya. Google telah menjadi “kamus raksasa” dengan  spider yang giat bekerja membaca, menganalisa, membandingkan, mengurutkan  dan menjelajahi content media, informasi  dan data ilmu pengetahuan masyarakat di dunia maya ke dalam indeks databasenya, lalu pada gilirannya menyajikan hasil pencarian untuk masyarakat lainnya. Pencarian topik yang kita inginkan di antara berjuta kata dan istilah dalam Google memiliki daftar link yang sangat banyak dan panjang. Tentu saja, kita perlu semacam rumus agar pencarian kita terhadap topik tertentu bisa lebih efektif. Bukankah ketika kita mencari kata susu di google, maka bisa jadi yang muncul di daftar pencarian bisa lebih banyak jenis susu, termasuk susu kambing, susu formula, susu kedelai dan semacamnya. Padahal yang kita maksud susu sapi, misalnya :D

(more…)

Laman Berikutnya »

Blog di WordPress.com.