mifka weblog

21 November 2005

Kunci Sukses Menulis Skenario

Filed under: Ω Jendela Buku — by Badru Tamam Mifka @ 6:22 pm
Tags: , , ,

100_2203

Maraknya pertumbuhan stasiun televise swasta dan menjamurnya production house (PH) di kota-kota besar di Indonesia, serta kembali merebaknya dunia perfilman nasional, jelas semakin banyak memerlukan program tontonan yang bermutu. Dengan demikian, peran seorang penulis scenario menjadi begitu penting dan terjadi peningkatan kebutuhan penulis scenario yang berkualitas pada production house dan broadcast.

Dengan terbitnya buku karya Elizabeth Lutters ini, kita boleh bersyukur. Ini sebuah buku yang bisa menggerakkan siapa pun untuk membacanya, memahami, dan mempraktikannya. Ini buku panduan bagi (calon) penulis scenario. Buku ini dimaksudkan untuk memancing minat masyarakat yang menyimpan bakat atau memiliki hobi tulis-menulis, agar dapat menyalurkan talenta yang dipunyainya sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak.

Dengan membaca dan memahami isi buku ini secara menyeluruh, serta sungguh-sungguh melaksanakannya, menulis scenario bias menjadi alternatif pekerjaan yang relatif tidak sulit dikerjakan oleh siapa saja, termasuk Anda!

Kunci Sukses Menulis Skenario

Elizabeth Lutters

Diterbitkan pertama kali

Oleh Penerbit PT Grasindo

Jakarta, 2004

243 Halaman

5 Komentar »

  1. […] daftar istilah dalam skenario yang saya ambil dari buku Kunci Sukses Menulis Skenario – Elizabeth Lutters […]

    Ping balik oleh Daftar Istilah dalam Pembuatan Skrip/ Skenario Film « mifka weblog — 16 Oktober 2009 @ 8:19 am |Balas

  2. mau tanya pengertian komedi slaptic, komedi satire, komedi farce????
    dari ketiga itu apa sih pengertian nya.

    kirim jawaban nya dong ????

    Komentar oleh romi sugito — 20 Desember 2009 @ 4:04 pm |Balas

  3. […] adalah daftar istilah dalam skenario yang saya ambil dari buku Kunci Sukses Menulis Skenario – Elizabeth Lutters […]

    Ping balik oleh Belajar Bareng Bikin Film « Nocturno_ex Blog — 19 Januari 2010 @ 11:43 pm |Balas

  4. […] Menulis skenario film memang sangat menyenangkan. Di sana kita bisa menerjemahkan setiap kalimat dalam naskah menjadi sebuah gambaran imajinasi visual. Skenario adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik; fungsinya adalah untuk digunakan sebagai petunjuk kerja dalam pembuatan film. Tentu saja, bagi yang tertarik menulis skrip/ skenario, harus paham dulu bagaimana cara menuliskannya. Nah, dalam proses dunia penulisan skenario, terdapat banyak istilah-istilah penting; di bawah ini adalah daftar istilah dalam skenario yang saya ambil dari buku Kunci Sukses Menulis Skenario – Elizabeth Lutters: […]

    Ping balik oleh Fak. Ilmu Komunikasi Universitas Subang 2011 — 10 Juni 2012 @ 12:51 am |Balas

  5. […] Diambil dari buku Kunci Sukses Menulis Skenario – Elizabeth Lutters : […]

    Ping balik oleh Istilah-istilah Penting dalam Skenario – Penulis Naskah — 5 Februari 2015 @ 4:57 am |Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Kirim komentar

Blog di WordPress.com.