||
you're reading...
Ω Menulis Skenario

Daftar Istilah dalam Pembuatan Skrip/ Skenario Film


menulis skenarioMenulis skenario film memang sangat menyenangkan. Di sana kita bisa menerjemahkan setiap kalimat dalam naskah menjadi sebuah gambaran imajinasi visual. Skenario adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik; fungsinya adalah untuk digunakan sebagai petunjuk kerja dalam pembuatan film. Tentu saja, bagi yang tertarik menulis skrip/ skenario, harus paham dulu bagaimana cara menuliskannya. Nah, dalam proses dunia penulisan skenario, terdapat banyak istilah-istilah penting; di bawah ini adalah daftar istilah dalam skenario yang saya ambil dari buku Kunci Sukses Menulis SkenarioElizabeth Lutters :

ACTION = Selain diartikan sebagai perintah sutradara saat pengambilan gambar, ACTION juga bisa diartikan sebagai gerak laku pemeran, yang terjadi dalam suatu adegan. Selain itu, kata ACTION juga bisa dipakai untuk menentukan jenis sebuah film, yang diartikan sebagai film laga.

BIG CLOSE UP (BCU) = pengambilan gambar pada jarak sangat dekat. Misalnya, dalam gambar orang hanya terlihat bibirnya saja. Contoh pemakaian dalam skenario, untuk menunjukkan sebuah cincin di jari manis tokoh, kita bisa pakai BCU untuk cincin. Namun jika ini sudah diperjelas dalam deskripsi, tidak perlu ditulis BCU lagi, sebab ini adalah tugas sutradara.

CLOSE UP (CU) = Pengambilan gambar pada jarak dekat. Dalam gambar orang terlihat wajahnya saja. Untuk pemakaian dalam skenario, CU bisa untuk menegaskan ekspresi tokoh. Namun, penggunaan CU sebisa mungkin untuk hal-hal yang sangat penting saja, misalnya menegaskan sebuah lirikan mata dan senyum sinis A pada B. Jika tidak terlalu penting, jangan gunakan tanda CU ini karena masalah shot adalah wilayah sutradara.

COMMERCIAL BREAK = Jeda dalam tayangan sinetron yang diisi iklan. Biasanya penulis skenario juga harus memperhitungkan saat jeda ini, dengan memberikan suspense pada cerita–sebelum commercial break–agar penonton tetap menunggu kelanjutan cerita kita, tanpa berpindah ke channel lain.

CREDIT TITLE = Penayangan nama tim kreatif dan para ahli, serta semua orang yang terlibat dalam pembuatan sinetron/ film tersebut.

CUT BACK TO = Transisi dengan tempo cepat, tapi kembali ke adegan/ lokasi yang telah dilihat sebelumnya. Contoh penggunaannya dalam skenario, misalnya seorang anak menangis karena terpisah dari ibunya di mal, CUT TO: Ibu sedang mencari anaknya dengan gelisah di sudut yang lain, maka ketika akan kembali ke gambar anak yang menangis tadi, yang saat ini mungkin sudah dibantu satpam, transisinya kita pakai CUT BACK TO.

CUT TO = Transisi/ peralihan dengan tempo yang cepat, misalnya untuk menggambarkan kejadian yang terjadi bersamaan tapi pada tempat yang berbeda. Atau juga kelanjutan adegan, tapi masih pada hari yang sama.

DISSOLVE TO = Transisi yang menunjukkan gambar menjadi kabur, kemudian masuk ke gambar adegan berikutnya. Dalam skenario, ini biasanya dipakai untuk menggambarkan sebuah mimpi, mengenang masa lalu, atau flash back, membayangkan sesutau yang akan terjadi.

DIALOG = Kalimat yang diciptakan oleh penulis skenario, yang nantinya diucapkan oleh seorang aktor. DIALOG harus mewakili peran, karakter, dan perasaan si tokoh dalam cerita.

DURASI = waktu tayang di televise sudah termasuk commercial break. Durasi yang umum: 30 menit, biasanya untuk sinetron serial komedi. Durasi 60 menit, biasanya untuk sinetron serial drama, durasi ni paling umum kita lihat di televise. Durasi 90 menit, biasanya untuk sinetron cerita lepas, semacam telesinema dan FTV.

ESTABLISHING SHOT = Biasa disingkat ESTABLISH saja, artinya pengambilan gambar secara penuh, terlihat secara keseluruhan. Biasanya pengambilan dari jarak jauh sehingga gambar terlihat kecil. Contoh, jika kita ingin memasuki setting sebuah kamar dalam rumah sakit, biasanya kita beri dulu ESTABLISH gedung rumah sakit secara keseluruhan. Namun, jika tempat itu sudah diperlihatkan secara keseluruhan, tidak perlu ada ESTABLISH berulang kali.

EXT. Singkatan dari EXTERIOR, biasanya dalam scenario ditulis pada deretan judul scene, untuk menunjukkan keterangan tempat di luar ruangan. Tulisan EXT. dan INT. bisa digabung menjadi misalnya: EXT./INT. yang menunjukkan adegan di jalanan/ dalam mobil. Bisa juga gabungan itu dipakai jika menunjukkan adegan pada teras sebuah rumah.

FADE OUT = Transisi gambar dari terang ke gelap dengan cara lambat.

FADE IN: Transisi gambar dari gelap ke terang dengan cara lambat. Dalam scenario, penulisan FADE OUT dan FADE IN biasanya bersamaan untuk transisi yang menujukkan perubahan waktu, bisa dari malam ke pagi, atau dalam hitungan hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Selain menujukkan perubahan waktu, bisa juga menggambarkan perubahan keadaan dan perubahan lokasi.

FLASH BACK = Bisa diartikan sebagai kilas balik. Cerita yang kembali pada waktu sebelum kejadian berlangsung. FLASH BACK bisa menunjukkan kemunduran waktu beberapa tahun ke belakang, bisa juga hanya dalam waktu beberapa saat sebelumnya.

FREEZE = Menghentikan aksi atau bertahan pada posisi akhir adegan. Dalam penulisan scenario biasanya digunakan untuk akhir sebuah episode, di mana gambar berhenti mengakhiri  sebuah cerita.Akhir cerita ini pada sinetron serial biasanya diambil gambar yang paling menegangkan sehingga akan terjadi suspense bagi penonton. FREEZE umumnya untuk gambar tokoh sentralnya.

INSERT: Sisispan adegan pendek dan singkat tapi penting, di dalam sebuah scene. Misalnya, pada adegan beberapa orang ngobrol di dalam ruang tamu, tiba-tiba di luar ada orang yang mengintip dan menguping pembicaraan mereka. Meskipun setting berubah, kita tak perlu membuat scene baru untuk adegan mengintip itu, cukup dengan INSERT saja.

INTERCUT = Perpindahan dengan cepat, dari satu adegan ke adegan lain yang berada dalam satu kesatuan cerita. Misalnya adegan telepon, dua setting yang bergantian ditampilkan, maka kita bisa menggunakan INTERCUT untuk pergantian cepat setiap dialog si penelepon dan orang yang ditelepon.

INT. = Singkatan dari INTERIOR, penulisannya dalam scenario sama dengan EXT., t5api ini untuk menujukkan keterangan tempat di dalam ruangan.

LONG SHOT (LS) = Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang harus terlihat keseluruhan. Misalnya gambar orang akan terlihat seluruh badan berikut latar belakangnya. Namun, jika tak terlalu penting jangan cantumkan LS dalam scenario karena sama seperti CU dan BCU, ini juga wewenang sutradara.

MAIN TITLE = Judul cerita pada sebuah tayangan sinetron/ film. Dalam penulisan scenario biasanya ditampilkan atau ditulis setelah adegan teaser. Dan dilanjutkan dengan penayangan credit titles.

MONTAGE = Beberapa gambar yang menujukkan adegan berkesinambungan dan mengalir, bisa beberapa lokasi yang berbeda, tapi menyatu dalam rangkaian. Dalam penulisan scenario, misalna seorang sedang putus cinta, maka ia mulai mengenang masa indahnya dulu bersama mantan kekasihnya. Dalam hal ini kita pakai MONTAGE dengan menampilkan beberapa adegan indah anatara si tokoh dan mantan kekasihnya ketika masih bersama, kita tampilkan mereka sedang berkejaran di pantai, lalu kita tampilkan juga saat mereka berduaan di taman bunga, lalu saat mereka saling menukar barang kenangan, dsb.

RATING = Ini kita istilahkan sebagai survey jumlah penonton yang menyaksikan tayangan di televise, dalam hal ini termasuk tayangan sinetron yang cerita dan skenarionya kita tulis. Survei ini dilakukan oleh sebuah lembaga bernama AC NIELSON, yang sudah diakui kredibilitasnya oleh masyarakat pertelevisian di Indonesia. Setiap minggunya pihak ini akan memebrikan lembaran hasil surveinya ke semua stasiun televise dan PH, di lembaran itu akan terlihat urutan tayangan mulai dari yang terbanyak penontonnya, hingga yang paling sedikit. RATING sampai saat ini masih menjadi tolok ukur tayangan di Indonesia. RATING tinggi berarti tayangan dianggap laku dan secara bisnis menguntungkan PH/ Broadcast, sehingga diproduksi terus, sebaliknya bila RATING rendah maka tayangan akan cepat dihentikan agar tidak merugikan produksi.

SCENE = Kata lain dari adegan, yaitu bagian terkecil dari sebuah cerita.

SCENARIO = Artinya sama dengan scenario, hanya masalah perbedaan bahasa saja, penulisan menggunakan “K” karena sudah diindonesiakan.

SCREENPLAY = Artinya juga sama dengan Scenario/ Skenario.

SCRIPTWRITER = Orang yang kerjanya membuat/ menulis scenario atau disebut juga Penulis Skenario.

SEQUENCE = Kata lain dari Babak, yaitu kumpulan dari beberapa adegan.

SLOW MOTION = Gerakan yang terlihat lebih lambat dari biasanya. Hal ini biasanya digunakan untuk menampilkan adegan yang sangat dramatis. Misalnya, adegan seorang tokoh ditembak dari belakang. Saat si tokoh jatuh, gerakan bisa saja dibuat SLOW MOTION agar lebih terkesan dan menyentuh perasaan penontonnya.

SOUND EFFECT = Biasanya dalam penulisan digunakan istilah FX, maksudnya suara yang dihasilkan di luar suara mausia dan ilustrasi musik. Misalnya, suara telepon berdering, bel tanda masuk sekolah, suara alat dapur berjatuhan, dsb.

SPLIT SCREEN = Dua adegan berbeda yang muncul pada satu layer. Bisa kita pisahkan dengan garis vertical atau horizontal. Pada penulisan dalam scenario bisa kita pakai saat ingin menggambarkan adegan telepon yang menampilkan ekspresi kedua tokoh secara bersama-sama.

TEASER = Adegan gebrakan, ditampilkan pada pembukaan/ awal cerita, yang tujuannya memancing penonton untuk menyaksikan kelanjutan cerita di belakangnya. Teaser bisa berupa sebuah scene/ adegan baru yang diciptakan oleh penulis scenario, bisa juga cuplikan adegan paling menarik/ konflik utama yang sudah ada dalam scenario.

VOICE OVER (VO) = Dialog yang terdengar tapi tidak tampak di gambar, misalnya terdengar orang berbicara dari ruang sebelah. Atau, bisa juga orangnya tampak, suaranya terdengar, tapi bibirnya tidak bergerak, jadi dia terlihat berbicara dalam hati.

About these ads

About Badru Tamam Mifka

Badru Tamam Mifka. Lahir di Tasikmalaya, 15 April 1983. Kini tinggal di Bandung.

Diskusi

30 thoughts on “Daftar Istilah dalam Pembuatan Skrip/ Skenario Film

  1. makasi banyak ya, saya kebetulan lagi bikin skenario untuk tugas akhir sekolah bikin film pendek

    Posted by nabila | 18 Oktober 2009, 2:26 am
  2. wah ini dia yg gw cari2, thankies banget yah. Tapi pernah gw liat disebuah script istilah “CONT’D” itu artinya apa yah? gw cari2 kok gak ketemu juga. thank q ;-))

    Posted by JoseY | 21 Oktober 2009, 8:40 am
  3. makasih sekarang aku dapet ilmu baru lagi moga ja jadi sutra dara terkenal
    thanks ya brow…?

    Posted by ipenx | 5 November 2009, 4:33 am
  4. wah,referensi yang bagus nih..

    Posted by syarif | 16 November 2009, 12:27 pm
  5. thank for referensinya

    Posted by dody sutisna | 18 Desember 2009, 4:55 pm
  6. thanks gan! ngebantu banget nig..
    Kunjungi situs aku…
    Bagi yang suka dunia perfilman..
    http://directors.ning.com/

    Posted by aliftolol | 9 Februari 2010, 6:27 am
  7. waaa… keren blognya… postingannya keren bgt ^_^ good job!!

    Posted by itaita | 16 Juli 2010, 1:14 pm
  8. Sangat mengilhami…
    Saya ingin mengetahui istilah (CONT’D)dan (D.A) dan kenapa kadang-kadang (V.O)- Voice over diikuti oleh (CONT’D).
    Saya turut sertakan sebuah contoh.
    DIMAS (D.A) (CONT’D)
    kita nggak bisa nurut dong dan
    cuma ngangguk-nangguk disuruh
    percaya ini dan itu? kita kan
    dikasih pikiran buat mikir.
    buat milih

    DIMAS (V.O) (CONT’D)
    semua sudah selesai. gue nggak punya
    alasan lagi buat hidup. selamat tinggal
    teman.

    PEREMPUAN (CONT’D)
    maafin aku… maafin aku…

    saya masih agak bingung dengan pemakain istilah (D.A) dan (CONT’D).
    Mohon penjelasannya.
    Terima-kasih atas perhatiannya.

    Posted by suparman | 6 Desember 2010, 8:52 pm
  9. istilah babak dalam penulisan skenario yang sebenarnya apa mas?

    Posted by hary wong | 20 Januari 2011, 2:06 pm
  10. makasih banyak sudah membahas tentang ini Mas, kebetulan saya baaru merintis blog saya yang berkutat dalam bidang film… sekalian saya minta izinnya buat share ya Mas..

    Posted by farly | 21 Januari 2011, 4:57 pm
  11. Pengen banget bisa nulis sript film. Aku udah coba sih beberapa hari yang lalu nulis script untuk rencana project bareng temen2. Rencananya pengen buat film indie…
    Tapi masih susah nih memahami istilah-istilah sript.
    Bisa kasi penjelasan lebih lengkap??
    Tolong dibantu dengan contohnya juga yaaaaaa…
    Thanx b4 :)

    Posted by Val | 4 Mei 2011, 3:18 pm
  12. setuju sama si superman….
    istilah cont’d apa maksudnya sih??

    Posted by Val | 4 Mei 2011, 3:34 pm
  13. mantab juragan, terima kasih

    Posted by Erwin Hariyanto | 5 Mei 2011, 12:39 pm
  14. terima kasih. mau baca skenario twilight nih…

    Posted by agusjay55 | 16 Juni 2011, 1:43 pm
  15. kalau adegan naik sepeda, terus mau pindah ke adegan orang naik kapal laut, nggak usah pakai cut to, ya? Masih hari yang sama, tapi adegan itu nggak berkaitan..How??

    Posted by pawestry | 3 Juli 2011, 1:27 am
  16. wah, terima kasih postingnya ya, saya cari2 ketemu juga, lagi dapat tugas bikin indie film, harus tahu istilah2 kaya gini nih :D

    Posted by Widodo | 20 Agustus 2011, 5:25 am
  17. makasi atas infonya

    Posted by dwityasw | 6 Februari 2012, 5:09 pm
  18. Halo teman-teman, permisi mau kasih info tambahan info saja kalo ada yg interest ingin mempelajari screenplay dengan komplit, dateng aja ke tintascreenplay.com terima kasih

    Posted by joe | 24 Juni 2012, 3:55 pm
  19. artikel yang membantu :)

    Posted by Maura Ivana | 6 Oktober 2012, 2:37 pm
  20. lumayan….dpt materi pembelajaran dikit

    Posted by nur hidayat | 12 Oktober 2012, 11:32 am
  21. SIP INI :D

    Posted by JIMS | 12 November 2012, 7:50 am
  22. Hmm can be anybody else encountering difficulties with the photographs about this blog loading?

    I am attempting to see whether its a problem on
    my end or if it is the website. Virtually any feedback will be tremendously loved.

    Posted by Olive | 19 Mei 2013, 7:33 pm
  23. nih dia yg gw cari,makasih gan…’

    Posted by Yezz Gal | 9 Juli 2013, 11:58 am
  24. thx ya mbak…
    aku lagi buat film juga nich…
    sangat membantu bgt mbak…
    makasih… makasih… makasih…

    nanti tlp aku yo mbak, klo mau ikut main…!!!
    08577.50.33.144
    Wassalam…!!

    Posted by abdul fakar | 19 Juli 2013, 1:08 am

Kirim komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: